Jumat, 30 November 2012

Final Fantasy XII Info Sword

FINAL FANTASY XII :: WEAPON INFORMATION

1. SWORD
  • Sword( Pedang ) adalah senjata yang stabil pada aspek Kecepatan, Konsistensi dan Kekuatan. Damage di hitung berdasarkan STR Karakter, ATK Sword itu sendiri, dan DEF Monster. Hanya Stoneblade yang mempunyai Stat +5 Evasion dari seluruh Sword yg ada( rata2 Sword mempunyai +5% Combo Rate ). Sword juga bisa meng-Knockback Monster. Charge Time Sword : 2.88s dan Action Time Sword : 1.2s
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+STR)/256 )

2. DAGGER
  • Dagger( Pisau ) tidak terlalu memberikan DMG sebesar Sword, tapi Dagger mempunyai kelebihan di Kecepatan. Kebanyakan Dagger juga mempunyai efek tambahan pada saat HIT. Damage di hitung berdasarkan STR dan SPD Karakter, dan DEF Monster. Semua Dagger mempunyai STAT +5 Evasion kecuali Main Gauche yang mempunyai STAT +34 Evasion. Dagger, juga, adalah Senjata dengan Action tercepat pada Game FFXII, namun Dagger tidak bisa meng-Knockback Monster.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+SPD)/218 )

3. AXE dan HAMMER
  • Axe( Kampak ) dan Hammer( Palu/Martil ) mempunyai ATK yang sangat tinggi namun tidak konsisten. Contohnya, Sword memberikan DMG yang konsisten pada Monster sebesar (kurang-lebih) 400 DMG namun, Axe dan Hammer bisa memberikan DMG sebesar 800 dan mungkin saja 1 DMG pada Monster( DMG terkecil adalah 0 ). Damage di hitung berdasarkan STR dan VIT Karakter, ATK Senjata, dan DEF Monster. Axe menyerang lebih cepat daripada Hammer; Charge Time Axe : 2.39s dan Charge Time Hammer 2.63s. Axe dan Hammer bisa meng-Knockback Monster.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND2 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+VIT)/128 )

4. MACE
  • Damage di hitung berdasarkan ATK Senjata, DEF Monster dan MGK PWR. Mace adalah senjata yang paling di rekomendasikan untuk Character berbasis Magick Support. Semua Mace mempunyai STAT +4 Evasion. Mace tidak bisa meng-Knockback Monster. Mace mempunyai Charge Time : 2.63s dan Action Time : 1.2s yang membuat senjata ini sebagai Senjata yg cukup cepat Attack Speed-nya
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+MAG)/256 )

5. MEASURE
  • Measure mempunyai ATK yang rendah, tapi Ignore DEF saat di gunakan, Damage dihitung berdasarkan ATK Senjata. Measure juga bisa memberikan buff saat hit, jadi Senjata ini digunakan untuk memperkuat Party tanpa memakai MP dan harus di ganti jika ingin menambah buff dengan Measure lainnya. Measure mempunyai STAT +25 Evasion, yang mana jika digunakan bersamaan dengan Shield, maka Character akan cukup sulit untuk di-Hit Monster. Measure juga sangat berguna ketika kita ingin menghilangkan Status Confuse pada party karena ATK-nya yang kecil dan pada saat yang bersamaan bisa menambah buff. Tidak seperti Senjata Meele biasanya, Measure mempunyai Chance untuk memberikan Critical Damage. Monster tidak bisa menghindari atau Block serangan Measure, tapi tiap Serangan Measure bisa saja Miss karena Akurasi'a yang tidak bagus. Measure tidak bisa meng-Knockback Monster. Charge Time Measure : 2.63s dan Action Time : 1.2s.
  • DMG Calculation -> DMG=( (ATK x RAND1)^2 ) * ( 1 )

6. GREATSWORD
  • Greatsword adalah jenis Sword yg sangat kuat dan baru akan muncul belakangan dan jarang sekali ditemukan layaknya Sword kebanyakan. Senjata ini memberikan Damage yang besar secara konsisten dan lebih baik di Equip-kan kepada Character yg telah ditentukan sebagai Damage Dealer( Pemberi Damage ). Damage dihitung berdasarkan STR Character, ATK Senjata, DEF Monster. Greatsword bisa meng-Knockback Monster kecuali Sword of Kings dan Treaty Blade. Charge Time Greatswod : 2.47s dan Action Time : 1.2s
  • DMG Calculation -> ( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+STR)/256 )

7. KATANA
  • ATK Katana berada di bawah Greatsword, tapi Katana mempunyai Combo Rate yang lebih tinggi daripada Greatsword. Keuntungan meggunakan Katana adalah kemungkinan muncul'a Combo lebih sering dan lebih banyak jika di Equip-kan bersamaan dengan Genji Gloves. Damage dihitung berdasarkan ATK Senjata, DEF Monster, dan STR-MGK PWR Karakter. Karena Magick Power menjadi dasar perhitungan Damage maka, Karakter yang di-Build menggunakan Magick Arrmor mempunyai prosentase menjadi Damage Dealer yang kuat. Semua Katana mempunyai STAT +5 Evasion dan tidak bisa meng-KnockBack Monster. Katana mempunyai Charge Time : 2.39s dan Action Time : 1.2s.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+MAG)/256 )

8. NINJA SWORD
  • Ninja Sword (Pedang Ninja) mempunyai Combo Rate jauh lebih tinggi dibandingkan Katana, jadi menggunakan Perlengkapan yang hampir sama dengan Katana akan memberikan Combo Rate yang sangat tinggi. Semua Ninja Sword mempunyai Damage yang ber-Element Dark. Damage di hitung berdasarkan STR-SPD Karakter, ATK Weapon, dan DEF Monster. Ninja Sword mempunyai STAT +20 Evasion namun Ninja Sword tidak bisa meng-KnockBack Monster. Ninja Sword, juga, adalah Senjata tercepat yang ada di Game ini dengan Charge Time : 1.97s dan Action Time : 1.2s; hanya Dagger yang lebih cepat daripada Ninja Sword.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+SPD)/218 )

9. SPEAR
  • Spear(Tombak), salah satu Senjata terkuat dan paling sulit tuk di dapatkan dalam Game ini adalah Zodiac Spear. Damage dihitung berdasarkan STR Karakter, ATK Senjata, dan DEF Monster. Spear mempunyai STAT +8 Evasion dan bisa meng-KnockBack Monster. Spear adalah Senjata Tercepat setelah Ninja Sword dan Dagger dengan Charge Time : 2.14s dan Action Time : 1.2s.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+STR)/256 )

10. POLE
  • Layaknya Katana dan Ninja Sword, Pole(Tongkat) mempunyai chance untuk Combo Attack yang cukup baik. Kalian juga bisa meng-Equip Pole dengan Genji Glove untuk memaksimalkan Combo Rate dari Pole. Damage dihitung berdasarkan STR Karakter, ATK Senjata, dan MDEF Monster. Dengan perhitungan Damage yang demikian Pole sangat ampuh untuk Monster yang mempunyai MDEF yang rendah dan Monster-Monster yang tidak menggunakan Buff:Shell. Pole mempunyai STAT +25 Evasion dan bisa meng-Knockback Monster. Charge Time Pole : 2.47s dan Action Time : 1.2s.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - MDEF ) * ( 1 + STR x (LV+STR)/256 )

11. ROD
  • Sama seperti Mace, Rod sangat cocok untuk Karakter yang berbasis pada kekuatan Magick karena Rod menambah MGK PWR dan Meningkatkan MP dari Karakter. Beberapa Rod juga ada yang mempunyai Status saat Hit. Ketika Kalian ingin menyerang secara fisik dengan menggunakan Rod, DMG dihitung berdasarkan STR karakter, ATK Weapon dan DEF Monster. Rod mempunyai STAT +6 Evasion. Ketika menggunakan Rod kita tidak bisa melakukan Critical Hit maupun Combo Hit. Rod bisa meng-Knockback Monster. Rod mempunyai Charge Time : 2.72s dan Action Time : 1.2s, yang menjadikan Rod sebagai salah satu senjata terlambat.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+STR)/256 )*DMG Calculation u/ Healing Rod dan Rod of Faith berbeda dan akan di bahas di bawah. 

12. STAVE
  • Sama seperti Rod, Stave juga sangat bagus untuk karakter yang berbasis pada kekuatan Magick. Namun, berbeda dengan Rod, Stave mempunyai peran yang berbeda dalam mendukung karakter dengan tipe tersebut. Beberapa Stave mampu menambah potensi Damage dari beberapa Black Magick. Contohnya : dengan menggunakan Glacial Staff dan karakter meng-Cast Blizaga, maka Damage yang dihasilkan juga akan bertambah. Jika senjata ini digunakan untuk menyerang secara fisik maka Damage dihitung berdasarkan STR dan MGK PWR karakter, ATK senjata dan DEF Monster. Stave mempunyai STAT +8 Evasion. Ketika menggunakan Stave kita tidak bisa melakukan Critical Hit maupun Combo Hit. Rod bisa meng-Knockback MonsterRod mempunyai Charge Time : 2.8s dan Action Time : 1.2s, yang menjadikan Stave sebagai salah satu senjata terlambat.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+MAG)/256 )

13. BOW AND ARROW
  • Bow( Panah ) adalah senjata yang tergolong basic dalam Range Damage. Monster tidak bisa meng-Counter serangan Bow dan Arrow. Namun, karena Bow adalah senjata jarak jauh, akurasi dari Bow dan Arrow sangat dipengaruhi cuaca. Damage dihitung berdasarkan STR dan SPD karakter, Kombinasi ATK dari Bow dan Arrow, dan DEF Monster. Bow dapat meng-Knockback Monster dan Bow termasuk kedalam kategori Senjata yang lambat dengan Charge Time : 2.96s dan Action Time : 1.2s.
  • Arrow adalah amunisi untuk Bow dan harus dipakai terpisah, tapi kita tidak perlu mempunyai License untuk memakai Arrow. Arrow terkadang mempunyai efek tambahan.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+SPD)/218 )

14. CROSSBOW AND BOLT
  • Crossbow adalah senjata yang sejenis dengan bow namun mempunyai speed yang lebih cepat. Monster tidak bisa menghindari ataupun meng-Counter serangan dari Crossbow, namun serangan Crossbow mempunyai kemungkinan yang besar untuk tidak mengenai sasaran( Miss ). Damage dihitung berdasarkan STR karakter, Kombinasi ATK Crossbow dan Bolt, dan DEF Monster. Crossbow mempunyai STAT +5 Evasion dan Crossbow adalah senjata jarak jauh tercepat dengan Charge Time : 2.3s dan Action Time:1.2s. Akurasi Crossbow benar-benar dipengaruhi cuaca( lebih dari Bow ) dan Crossbow tidak bisa meng-Knockback Monster.
  • Bolt adalah amunisi untuk Crossbow dan dan harus dipakai terpisah, tapi kita tidak perlu mempunyai License untuk memakai Bolt. Bolt terkadang mempunyai efek tambahan.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND1 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+STR)/256 )

15. GUN AND SHOT
  • Gun( Pistol ) adalah senjata yang ketika digunakan membutuhkan waktu yang dua kali lebih lama dari senjata lainnya, dalam hal ini senjata jarak jauh juga termasuk, tapi akurasi Gun sangatlah baik yaitu 100% hit dan Monster juga tidak bisa menghindari, Block, bahkan meng-Counter serangan Gun. Namun, jangan meremehkan ATK Gun yang terbilang rendah karena dalam perhitungan DMG, Gun mengabaikan DEF Monster, dengan kata lain, DMG Gun dihitung hanya berdasarkan ATK Gun dan Shot. STR karakter juga tidak dihitung, makanya membuat HP karakter yang menggunakan Gun kedalam status Critical sangat tidak disarankan, karena sama sekali tidak berpengaruh kedalam perhitungan DMG. Gun mempunyai STAT +5 Evasion dan Gun bisa meng-Knockback Monster namun Gun adalah senjata terlambat( kalau WyrmHero Blade tidak dihitung ) dengan Charge Time : 4.2s dan Action Time : 1.4s.
  • Shot adalah amunisi untuk Gun dan dan harus dipakai terpisah, tapi kita tidak perlu mempunyai License untuk memakai Shot. Shot terkadang mempunyai efek tambahan.
  • DMG Calculation -> DMG=( (ATK x RAND1)^2 ) * ( 1 )

16. HAND-BOMB AND BOMB
  • Hand-Bomb adalah senjata jarak jauh yang hampit menyerupai Axe dan Hammer dalam perhitungan DMG karena Hand-Bomb memberikan Damage yang besar namun tidak konsisten. Damage dari Hand-Bomb bisa saja sangat besar namun Hand-Bomb juga bisa memberika 0 Damage. Damage sangat dipengaruhi STR dan VIT karakter, kombinasi ATK dari Hand-Bomb dan Bomb, dan DEF Monster. Hand-Bomb mempunyai Charge TIme : 2.8s dan Action Time : 1.2s.
  • Bomb adalah amunisi untuk Hand-Bomb dan dan harus dipakai terpisah, tapi kita tidak perlu mempunyai License untuk memakai Bomb. Bomb terkadang mempunyai efek tambahan.
  • DMG Calculation -> DMG=( ATK x RAND2 - DEF ) * ( 1 + STR x (LV+VIT)/128 )

============================================================

** Knockback adalah, sebuah serangan yang bisa memukul mundur Musuh dalam jarak yang dekat dan secara temporary membuat Musuh terdiam sebentar(Stun). Musuh(Monster2) Besar tidak mempan dengan efek ini, layak'a Boss. Sayang-nya Player Character bisa kena Knockback dan saat ini terjadi Character jadi tidak bisa/tidak akan men-Counter Attack.

**DMG Calculation untuk Healing Rod dan Rod of Faith -> DMG=( (ATK x RAND1)^2 ) * ( 1 )
**DMG Calculation untuk Unarmed( Tidak pakai senjata )
  • ( 11 * RAND1 - DEF ) * ( STR * (LV+STR)/256 ) -> Tanpa Brawler
  • ( (LV+STR)/2 x RAND1 - DEF ) * ( STR * (LV+STR)/256 ) -> Dengan Brawler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar